Aktivitas Seru Sambil Menunggu Buka Puasa

aktivitas dibulan puasa

Godaan yang paling berat ketika berpuasa justru dirasakan saat menjelang adzan maghrib. Rasa lapar yang makin menjadi membuat tak sabar ingin segera berbuka puasa. Nah, untuk itu alangkah baiknya jika saat mengisi waktu luang tersebut, yakni saat menunggu adzan maghrib, anda melakukan hal-hal positif berikut ini. Dengan begitu anda bisa melupakan rasa lapar yang sedang mendera. Lantas kira-kira kegiatan apa saja yang cocok dilakukan menjelang buka puasa?

1. Ngabuburit
Istilah ngabuburit berasal dari bahasa sunda dengan kata dasar burit yang berarti sore. Dari kata burit inilah muncul istilah ngabuburit yang bisa diartikan menunggu sore atau menunggu saat berbuka puasa. Ngabuburit bisa diisi dengan banyak kegiatan seperti mendengarkan musik dan menonton televisi, bermain dengan teman, berjalan-jalan ke taman, dan lain sebagainya.

2. Tidur Sejenak
Banyak juga orang yang sedang berpuasa memilih untuk tidur sejenak sambil menunggu adzan maghrib. Tidur baik untuk anda setelah beraktivitas seharian. Apalagi jika aktivitas anda terbilang cukup berat. Tidur bisa memulihkan tenaga sehingga anda bugar kembali ketika menjalankan sholat tarawih.

3. Olahraga
Olahraga berat akan banyak menguras energi anda. Jadi lakukan jenis olahraga ringan saja untuk menunggu saat berbuka puasa seperti jogging, berjalan santai, yoga atau pilates. Lengkapi diri anda dengan earphone untuk mendengarkan lagu-lagu favorit. Dengan cara ini waktu menunggu saat buka puasa akan terasa menyenangkan.

4. Kunjungi Pasar Ramadhan
Jika ingin menikmati hidangan unik saat berbuka puasa, tidak ada salahnya jika anda mencoba mengunjungi pasar ramadhan yang buka sepanjang bulan ramadhan. Pilihlah makanan sehat yang bisa memulihkan energi setelah berpuasa seharian. Beli makanan secukupnya saja dan jangan berlebihan.

Selain makanan, pasar ramadhan biasanya juga menyediakan pernak-pernik unik seputar ramadhan. Pasar yang hadir setahun sekali ini biasanya selalu penuh sesak setiap harinya.

5. Manfaatkan Gadget
Berfoto dan Merekam Video
Menunggu saat berbuka bersama teman-teman pasti menjadi momen tak terlupakan karena bulan ramadhan yang hanya datang setahun sekali. Buatlah foto bersama baik saat menunggu maupun ketika berbuka puasa. Manfaatkan gadget anda dengan segala fiturnya untuk mengambil gambar-gambar menarik. Selain gambar, anda juga bisa merekam video.

Streaming Video, Film dan Musik
Yuotube bisa menjadikan saat berpuasa terasa menyenangkan dengan hadirnya video, film atau musik favorit anda. Sebagai layanan streaming terpopuler saat ini, anda bisa menemukan banyak konten menarik yang bisa menemani sampai saat adzan maghrib tiba.

Bermain Game
Selain streaming, anda yang lebih suka bermain game juga bisa melakukannya sebagai cara efektif menyingkirkan kejenuhan dan melupakan rasa lapar untuk sementara sampai waktu berbuka puasa tiba.

Nah, itulah tadi beberapa aktivitas seru yang bisa anda lakukan sambil menunggu adzan maghrib tiba. Buat anda para orang tua yang sedang mendampingi si kecil berlatih puasa, berikut akan kami bagikan pula beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan bersama buah hati saat ngabuburit. Silahkan disimak.

1. Bacakan Cerita Tentang Tradisi Puasa pada Si Kecil
Banyak tradisi menarik yang biasa dilakukan umat muslim selama bulan ramadhan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Di pulau jawa misalnya, ada tradisi kenduri dan juga apeman.
Kenduri adalah berbuka puasa bersama di surau dengan aneka hidangan. Sedangkan apeman adalh tradisi membagikan kue apem kepada semua tetangga sebagai simbol permintaan maaf. Dari Kairo, Mesir, anda bisa bercerita kepada si kecil tentang dentum 4 meriam dari Benteng Saladin sebagai tanda saat berbuka puasa telah tiba.

2. Gunakan Buku Aktivitas Anak Bertema Ramadhan
Buku aktivitas bertema ramadhan akan membuat si kecil bermain sekaligus belajar tentang agama. Kegiatan seperti mewarnai, menyeesaikan puzzle atau menghafal huruf hijaiyah bisa melupakan sejenak rasa lapar yang dirasakan si kecil.

3. Membuat Mainan Sendiri
Carilah referensi yang banyak bertebaran di internet tentang cara membuat mainan dari bahan-bahan yang mudah dijumpai disekitar rumah. Ajak di kecil terlibat aktif dalam proses pembuatannya dan beri apresiasi jika ia berhasil membuatnya. Selain efektif mengisi waktu sembari menunggu waktu berbuka, cara ini bermanfaat menumbuhkan kreatifitas pada si kecil.

4. Memainkan Aplikasi Pada Smartphone
Smartphone juga bisa anda gunakan sebagai sarana bermain dan belajar bagi si kecil. Seperti halnya buku aktivitas anak, app market seperti google play banyak menyediakan aplikasi dongeng Islami, aplikasi belajar huruf hijaiyah, dan banyak lagi.

Banyak bukan yang bisa diakukan saat menunggu saat berbuka? Buat anda yang masih sendiri atau yang sudah berkeluarga, ngabuburit pasti menyenangkan bila bersama orang terdekat. Yang terpenting adalah carilah aktivitas positif yang bermanfaat. Selain hal-hal diatas anda juga bisa menjadikan Ramadhan sebagai momen berbagi dengan sesama. Benar begitu bukan? Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat berpuasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aktivitas Seru Sambil Menunggu Buka Puasa"

Posting Komentar