Amalan-amalan Menjelang Malam 1000 Bulan (Lailatul Qadar)

amala menjelang malam 1000 bulan puasa

Bagi umat islam pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah malam 1000 bulan, malam ini biasanya diyakini hanya ada pada saat bulan ramadhan akan tetapi tersembunyi. Tersembunyi disini maksudnya adalah tidak ada satu manusiapun yang tahu kapan datangnya malam ini, namun beberapa sumber menerangkan jika malam istimewa tersebut hanya jatuh pada malam-malam ganjil di bulan ramadhan.

Terlepas dari itu semua masih belum dapat dipastikan lebih jelasnya lagi kapan tepatnya malam 1000 bulan atau yang biasa dikenal dengan malam lailatul qadar ini terjadi. Karena sudah disebutkan di dalam Al-qur’an perihal kebenaran akan datangnya satu malam istimewa ini maka banyak umat islam yang berbondong-bondong dan berlomba-lomba mengkhusyukan ibadah mereka pada malam-malam ganjil bulan ramadhan, dengan harapan mendapatkan satu malam istimewa tersebut.


Mengenal Tanda-Tanda Malam 1000 Bulan

Bagi anda yang bersungguh-sungguh untuk bisa mendapatkan malam 1000 bulan ini, anda tidak perlu bersedih/berkecil hati, walau keberadaannya sangat rahasia tetapi salah satu hadits sahih mengatakan bahwa “Rasulullah SAW beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan ramadhan dan beliau bersabda carilah malam lailatul qadar di malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan ramadhan” (HR:Bukhari dan muslim).

Dari pemaparan dan ungkapan sahih tersebut dapat menjadi salah satu petunjuk bagi kita semua bahwa malam 1000 bulan akan datang pada 10 hari terakhir di bulan ramadhan. Oleh karenanya, tidak heran jika menjelang 10 hari terakhir ini banyak umat muslim melakukan dzikir dan I’tikaf di masjid-masjid sembari menunggu datangnya waktu subuh.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini kami bagikan tanda-tanda lain kehadiran malam lailatul qadar, yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Pada saat malam lailatul qadar ada sebuah hadits mengatakan bahwa suasana malam tersebut sangat tenang dan damai udaranya pun sangat menenangkan yakni tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin alias sejuk. Bahkan pada keesokan harinya matahari yang muncul berwarna merah.

2. Cahaya matahari pada keesokan harinya sangat redup, hangat cerah tetapi tidak membuat panas sehingga sangat nyaman.
Dari beberapa tanda-tanda tersebut umat islam berpendapat bahwa akan segera tiba malam 1000 bulan, tetapi sayangnya hanya beberapa orang saja yang peka terhadap keadaan cuaca seperti ini.
Bagi mereka yang sungguh-sungguh mencari malam lailatul qadar tentunya akan menyadari tanda-tanda ini, bahkan tanda-tanda lain sekecil apapun pasti akan membuat hatinya sadar bahwa malam lailatul qadar segera tiba.

Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar Dengan Sempurna

Cara untuk mendapatkan malam 1000 bulan ini terbilang cukup mudah, hanya memerlukan niat dan tekad yang kuat serta rasa iman dan tawakal kepada Allah SWT, nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini:

1.  Mengatur/mengontrol hawa nafsu, dan niat ibadah yang ikhlas karena Alloh SWT
Jika anda ingin mendapatkan malam 1000 bulan ini cobalah untuk mengatur nafsu anda dan kerjakan smeua ibadah murni karena allah SWT tanpa dalih-dalih apapun
.
2. Perbanyak istighfar dan menyadari dosa-dosa yang diperbuat
Hal ini sama saja dengan anda membersihkan hati anda, untuk menyambut datangnya malam lailatul qadar hati anda harus ikhlas dan banyak berserah diri kepada allah.

3. Perbanyak amalan-amalan khusus menjelang malam lailatul qadar
Karena merupakan suatu malam yang istimewa maka tidak heran ada amalan-amalan khusus yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan malam lailatul qadar, lakukan amalan tersebut secara rutin, ikhlas dan hanya mengharap ridho dari allah.

Jenis Amalan Untuk Menyambut Malam 1000 bulan (Lailatul Qadar )
Nah bagi anda yang benar-benar ingin mendapatkan malam istimewa ini, maka ada beberapa amalan ibadah yang harus anda lakukan bahkan anda tingkatkan lagi, amalan tersebut sama saja dengan ibadah sehari-hari hanya frekuensi pengerjaannya saja yang lebih dipertambah, amalan tersebut antara lain:

1. Perbanyak bacaan istighfar
Membaca istighfar dan meresapinya dalam hati. Dengan memperbanyak membaca istighfar maka hati anda akan tenang dan anda akan menyadari dosa-dosa yang telah anda perbuat serta menumbuhkan rasa bersalah serta kemudian, tidak lagi mengulang dosa tersebut.

2.  Perbanyak tadarus
Untuk menyambut datangnya malam istimewa lailatu qadar cobalah untuk memperbanyak frekuansi anda membaca Al-qur’an atau anda dapat mengikuti kegiatan tadarus di masjid. Pahami maksud dari ayat dan surat yang anda baca kemudian renungkan dan resapi secara sungguh-sungguh.

3.  Melakukan I’tikaf di masjid
Anda juga dapat melakukan I’tikaf sembari beribadah di masjid. Tak ada salahnya mulai I’tikaf ini setelah sholat Isya’ atau setelah jam 12 malam hingga menjelang waktu datangnya sholat subuh, atau anda juga bisa melakukan shalat tahajud pada saat I’tikaf ini.

Ada banyak sekali amalan-amalan dan cara yang dapat anda lakukan agar mendapatkan malam 1000 bulan atau malam Lailatul Qadar. Pastikan anda melakukan semua amalan tersebut dengan sepenuh hati dan rasa ikhlas yang tulus dalam nurani anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Amalan-amalan Menjelang Malam 1000 Bulan (Lailatul Qadar)"

Posting Komentar